5 Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Awet

Sudah merupakan tuntutan zaman membuat semua kebutuhan harus terpenuhi, tidak terkecuali, kebutuhan terhadap teknologi yang fleksibel. Bisa dibawa ke manapun, dan tentu saja mampu memenuhi kebutuhan. Salah satu teknologi yang dibutuhkan adalah hardisk ekstrernal. Banyak orang membutuhkan tempat penyimpanan data yang dapat dibawa kemana-mana. Namun, ada kalanya sebuah hard drive atau hard disk ekternal yang digunakan untuk menyimpan data menjadi rusak karena keteledoran atau kecerobohan sang pemilik. Untuk itu diperlukan langkah-langkah tepat agar perangkat portable itu tidak mudah rusak dan data di dalamnya akan tersimpan rapi serta aman. Berikut ini beberapa tips mudah untuk merawat hard drive portable:

  1. Jangan asal cabut kabel penghubung

Ketika kita menggunakan sebuah hardisk eksternal, kita sering lalai dalam merawat hardisk tersebut. Kita sering tanpa sadar melepas kabel penghubung secara langsung. Hal itu bisa merusak hardisk secara perlahan. Banyak orang atau bahkan pakar IT yang menyarankan agar menggunakan fasilitas “safely remove hardware” sebelum memutuskan integrasi atau hubungan antara hard drive dengan PC atau laptop.

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi bad sector pada piringan hard drive. Bad sector itu salah satunya dapat disebabkan karena pemutusan aliran listrik secara mendadak dari pusat yang mengakibatkan jarum pembaca dan plate berbenturan dan tergesek.

  1. Lakukan defragmentasi dan scan virus

Hardisk eksternal sama halnya dengan sebuah perangkat komputer atau juga laptop. Hardisk eksternal juga membutuhkan sebuah perawatan bagi sistem di dalamnya. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan defragmentasi. Memang defragmentasi bukan membuat hard drive menjadi tidak mudah rusak, namun proses baca setelah dilakukan defragmentasi akan lebih mudah. Serta scan virus berfungsi untuk menghindarkan serangan virus atau malware jahat yang akan merusak data. Lakukan setidaknya satu bulan sekali.

  1. Jangan memindah-mindahkan perangkat

Untuk merawat sebuah hardisk, tentu saja akan sangat berbeda dengan sebuah laptop. Jika Anda bisa memindah-mindahkan laptop ke manapun, tapi jangan lakukan hal tersebut kepada sebuah hardisk. Ini akan menyebabkan goncangan di dalam hardisk tersebut. Goncangan atau benturan yang terjadi ketika perangkat komputer dan hard drive terhubung dan aktif dapat membuat bad sector pada plate HDD dan hal tersebut akan membuat beberapa data di dalamnya menjadi corrupt atau bahkan rusak secara permanen.

  1. Meletakkan di tempat yang tepat

Sebuah hardisk sebaiknya diletakkan pada tempat yang tepat, yaitu pada bidang yang datar. Jangan biarkan hardisk berada pada bidang yang bergelombang atau tidak rata. Apabila diletakkan di daerah yang tidak datar, maka dikhawatirkan jarum magnetik akan bergerak menjauh dari platter dan menyebabkan data tidak dapat terbaca.

  1. Beri fan di dekat HDD

Ketika Anda menggunakan sebuah hardisk eksternal, usahakan Anda juga memberikan fan di dekatnya atau di bawahnya. Ini bertujuan untuk mengurangi suhu yang panas pada hardisk.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s