Cara Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar

rajin belajar01Apa manfaat belajar? Untuk apa kalian belajar? Untuk mendapat nilai? Untuk mendapat ilmu? Ketahuilah belajar untuk mendapat ilmu itu lebih baik dari pada hanya untuk menambah nilai. Namun, tidak dapat pungkiri,  nilai juga penting adanya, untuk mendaftar sekolah selanjutnya maupun untuk mendaftar pekerjaan .

Jika kita belajar untuk mendapatkan ilmu, pelajaran tersebut tidak akan mudah kita lupakan. Belajar untuk memahami, bukan menghafal. Akan tetapi menghafal juga diperlukan,  menghafal untuk hal-hal tertentu saja yang perlu untuk dihafal.

Sekarang poin-poin yang kita perlukan untuk mendapatkan semangat belajar yakni :

  1. Motivasi

Motivasi belajar mempengaruhi kemauan individu untuk meningkatkan semangat belajar. Orang yang berhasil adalah orang yang mampu mempertahankan semangatnya dikala orang lain kehilang semangatnya . Motivasi utama yang kita butuhkan adalah motivasi yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Positif thinking untuk membaca buku, tanamkan pada diri sendiri bahwa kita yakin bisa memahami materi .

  1. Konsentrasi

Konsentrasi penuh ketika guru/dosen sedang menerangkan . Dengarkan dengan baik, bertanyalah hal-hal yang kita belum mengerti, catatlah hal-hal penting, karena dengan mencatat akan lebih mudah diigat daripada yang tidak mencatat.

Selain konsentrasi di tempat belajar, kita juga perlu konsentrasi di rumah . Buatlah suasana nyaman untuk belajar, dengan hawa yang tenang, cobalah membuka buku dan baca lah , coba untuk “fokus” , jika kalian merasa jenuh, istirahatlah sebentar dengan makan/mendengarkan musik, kemudian ulangi lagi yang kalian pelajari dengan santai , jika kalian tidak paham materi lagi, matikan musik dan jauhkan dari barang-barang yang sekiranya mengganggu, kemudian melajar lagi.

  1. Bergaul dengan orang yang rajin belajar

Nabi Muhammad SAW, bersabda “Sesungguhnya kawan duduk dalam rupa orang yang shalih dan kawan duduk dalam rupa orang yang suka maksiat adalah seumpama tukang minyak wangi dan pandai besi. Tukang minyak wangi boleh jadi akan mencipratkan minyak wangi ke badanmu, atau engkau membeli minyak wangi dari dia, atau engkau mendapatkan bau harum dari dirinya. Adapun pandai besi boleh jadi memercikkan api ke bajumu atau engkau mendapati bau busuk dari dirinya.” (Mutaffaq ‘alaih).

Jika kita bergaul dengan orang yang rajin belajar, insya Allah semangat belajar kita akan naik . Melihat dia belajar, masa kita tidak, hal tersebut akan memacu kita untuk lebih dan lebih rajin lagi untuk belajar .

  1. Jangan biarkan dinding kamar Anda bersih

Tempel kata-kata motivasi dan juga buat target jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Yakinlah bahwa kata-kata motivasi dan tulisan target kita tersebut akan selalu menumbuhkan niat dan tekat kita untuk belajar. Tulislah yang besar dengan hiaslah sesuai dengan selera kalian. Tempel di tempat yang sekiranya sering di lihat.

  1. Hargai waktu

Time Lost can’t be found again “Waktu yang hilang tak dapat ditemukan kembali”. Pernahkah Anda mendengar/membaca kata-kata tersebut?

Waktu itu penting, jangan pernah sia-siakan waktumu untuk bermalas-malasan. Gunakan waktumu semaksimal mungkin. Kalaupun Anda sering insomnia, ikuti kata-kata Bang Rhoma Irama “Begadang jangan begadang , kalau tak ada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya”. Jadi, dari pada begadang yang tidak ada manfaatnya lebih baik istirahatkan badan. Jikalau Anda begadang, cobalah untuk membaca buku, saya tahu ini sulit, tapi apa salahnya mencoba, tidak ada yang sia-sia di dunia ini .

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan sebesar zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”. (QS. Al-Zalzalah 7-8)

Semoga ada manfaatnya.

Sumber: http://abcdanis.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s