Uji Publik Kurikulum 2013

Perubahan kurikulum di Indonesia sepertinya bukanlah barang yang baru. Perubahan dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu dari kurikulum itu sendiri yang nantinya akan berimplikasi terhadap mutu pendidikan di Indonesia. Demikian juga dengan saat ini; pemerintah sepertinya serius menggarap perubahan kurikulum 2006 yang dikenal dengan KTSP dengan cara menyusun kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum 2013.

Hal ini ditandai dengan diadakannya uji publik untuk kurikulum 2013 ini, hal sesuai dengan berita resmi dari Kemendikbud pada situs resminya, bahwa uji publik untuk kurikulum 2013 resmi dibuka oleh Mendikbud M. Nuh pada tanggal 29 November 2012.

Inilah yang membedakan antara kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013, yaitu adanya uji publik untuk pengembangannya.

Menurut M. Nuh, “Uji publik ini untuk menyempurnakan gagasan-gagasan yang sudah dihimpun, di-review, dan ditelaah. Sudah saatnya gagasan-gagasan tadi disampaikan ke publik. Diharapkan peserta bisa memberikan pandangan dan masukan sehingga kurikulum yangg akan diterapkan bisa sempurna,”

Uji publik ini dilakukan melalui dua jalur yaitu jalur online dan jalur tatap muka. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berita uji publik kurikulum 2013 kita dapat mengaksesnya di situs KEMENDIKBUD.

Selain itu kemendikbud juga membuka portal uji publik kurikulum 2013, silakan para pembaca langsung masuk ke situs UJI PUBLIK KURIKULUM 2013

Kurikulum Pendidikan Nasional 2013 lebih mengarah kepada pembangunan karakter. Kurikulum baru ini akan diberlakukan untuk tahun ajaran 2013-2014 mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai kepada jenjang pendidikan tinggi.

Pelajaran  siswa pada kurikulum baru 2013 nantinya akan lebih ditekankan pada konten. Proses pembelajaran nanti bersifat lebih tematik dan ke depan akan lebih banyak dipelajari siswa pada tingkat SD. Pendidikan karakter akan lebih banyak pada tingkat Sekolah Dasar,  semakin naik pelajaran pendidikan karakter berkurang dan diganti dengan pelajaran keilmuan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menilai pendidikan Indonesia sudah sangat membosankan. Untuk itu, sudah saatnya mengevaluasi dan mengubah kurikulum pendidikan nasional. Evaluasi, dilakukan secara menyeluruh dengan mempertimbangkan empat standar pendidikan, yaitu standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi.

Dalam pembahasan kurikulum pendidikan nasional 2013, Kemendikbud akan melibatkan tokoh-tokoh nasional seperti  Rektor Universitas Paramadina, Anies Basweda, Gunawan Muhammad,  tokoh agama, tokoh sastra serta yang lainnya. Perubahan kurikulum ini merupakan program besar dari Kemendikbud yang  sudah dibahas sejak tahun 2010.

Kurikulum Pendidikan Nasional 2013

Perubahan kurikulum baru 2013 ini harus dibarengi peningkatan kualitas tenaga pendidik. Kurikulum penting tapi guru lebih penting. Jika guru tidak maksimal, hasilnya juga tidak akan maksimal. Guru dituntut tidak hanya menjadi pengajar di depan kelas tapi juga inspirator bagi siswanya. Guru sebagai inspirator ini akan menjadi lompatan penting dunia pendidikan. Dengan bahan-bahan pelatihan yang ada diharapkan guru sebagai inspirator akan muncul. Guru sebagai inspirator, bisa menerobos ruang waktu dan kurikulum bertahun-tahun.

Kurikulum pendidikan nasional tidak akan pernah sempurna. Pasalnya, perkembangan pendidikan harus menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman. Kurikulum baru 2013, jumlah mata pelajaran akan berkurang dan pola pengajarannya akan semakin mudah.  Intinya, bagaimana menciptakan kurikulum pendidikan yang tidak membosankan dan membebani murid dan pengajar.

Download di Sini ! BahanUjiPublik_Kurikulum2013

Sumber: http://www.ikhsan.mgmpmatika.ltim.in, http://lenterakecil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s