Software TRIMS

Salah satu komponen program Basic Education Capacity – Trust Fund (BEC-TF) adalah meningkatkan kapasitas Education Management Information System (EMIS), terutama pada tingkat Kabupaten/Kota dan Sekolah. Untuk mendukung hal ini, telah dikembangkan oleh Tim Bank Dunia (World Bank) yaitu sebuah software Tool for Reporting and Information Management for Schools (TRIMS).

Melalui aplikasi TRIMS diharapkan mampu mendukung mensinkronisasi semua data yang telah dikumpulkan oleh sekolah dan dinas pendidikan setempat. Aplikasi TRIMS dibuat berdasarkan format pelaporan yang telah ada sebelumnya sehingga sekolah dapat melakukan input data dengan mudah. TRIMS juga dilengkapi dengan indikator SPM sehingga data yang diinput oleh sekolah dapat dimanfaatkan untuk menyusun Rencana Pembangunan Sekolah (RPS), Renstra Sekolah, Renja Kepala Sekolah dan dokumen perencanaan lainnya. Bagi Kementrian Pendidikan Nasional, aplikasi TRIMS dapat menyediakan data yang mendukung proses penentuan kebijakan, perencanaan, monitoring dan manajemen.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan piloting TRIMS yang sudah dilaksanakan pada Agustus – Oktober 2010 di 7 Kabupaten / Kota dan untuk meningkatkan kapasitas Dinas Pendidikan dalam memanfaatkan TRIMS maka dilaksanakanlah kegiatan : “Workshop EMIS -TRIMS untuk Peningkatan Kapasitas Kabupaten/Kota–Program BEC – TF”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11-12 November 2010 di Hotel Sultan yang terletak di Jl.Gatot Subroto-Jakarta. Kegiatan ini dihadiri dari Kemendiknas, World Bank Jakarta Indonesia serta Programmer TRIMS Prof.Dr.Ragheb (Cairo) dan Dr.Rebecca (New York).

Tujuh (7) Kabupaten/Kota tersebut adalah dari Daerah Istimewa Aceh, Majene-Sulawesi, Palangkaraya-Kalimantan, Sragen-Jawa Tengah, Pacitan-Jawa Timur, Probolinggo Jawa Timur dan Jayapura-Irian Jaya. Untuk mendukung kesuksesan kegiatan tersebut di atas, dihimbau agar tiap-tiap Kabupaten/Kota menyiapkan data TRIMS Sekolah yang sudah divalidasi dan diverifikasi, kemudian menyiapkan Draft Presentasi TRIMS masing-masing daerah serta menyiapkan tiga isu pokok kebijakan bidang pendidikan di Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

Kegiatan diakhiri dengan penutupan yang disampaikan oleh Prof.Dr.Ragheb (Programmer TRIMS dari Kairo), yang pada intinya beliau sangat senang bisa bertemu dengan teman-teman dari tujuh Kabupaten/Kota dan semoga TRIMS dapat digunakan dan dimanfaatkan guna pendataan sekolah secara lengkap. Dan ini bersifat free software. Terima kasih. (Naskah Kiriman dari Mudo, S.Kom, SMK Plupuh)

Software TRIMS dapat Anda download di Sini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s